Minggu, 27 Januari 2008

 

KENANGAN HAJI

Ibadah haji yang telah lewat meninggalkan kenangan tersendiri bagi diri ini, selama 50 hari diri ini berada di saudi Arabiah yang tentunya disanalah terdapat ka'bah, masjidilharam, dan masjid nabawi di madinah. Foto ini adalah kenangan manis selama disana:Pas depan masjidil haram gedung-gedung pencakar langit seakan menenggelamkan menara-menara masjidilharam, menara masjid tiba-tiba kalah tinggi oleh hotel dan pertokoan itu, ada apa yah ??
Ini di depan masjidil haram, banyak merpati disana, jinak-jinak lagi. Wah jadi kepikiran untuk kesana lagi nih, semoga ada rejeki lagi deh.
Ka'bah, kiblat ummat islam sedunia, ketika kita semua shalat maka harus menghadap kiblat utama kita yaitu ka'bah, terharu rasanya ketika pertama kali memandang ka'bah, apalagi ketika tawaf wada' (perpisahan), wah...air mata ini ngga terasa menetes. Semoga ada lagi kesempatan untuk kesana bersama keluarga tercinta nantinya. Kangen untuk beribadah disana.
Kata orang sih dilarang membawa kamera masuk masjidil haram, tapi bagaimana yah caranya membendung jutaan orang yang akan masuk ke masjidilharam untuk beribadah agar tidak membawa kamera, mendingan dibiarkan saja mereka berpose di depan ka'bah, toh ngga ada ruginya kerajaan Saudi Arabiah kalau kami berfoto di depan ka'bah.
Lagi santai di depan masjidil haram sore-sore, baru kali ini saya saksikan 3 juta orang berkumpul dalam satu daerah......wuuuuhhh ramai sekali, kenangan yang tak terlupakan.
Kalau ini di kapal laut yang kami naiki dari Mesir ke pelabuhan Jeddah Arab Saudi, lumayan lama perjalanan kami untuk bisa sampai ke Mekkah, maunya sih naik pesawat...tapi duitnya dari mana yah, kan kami cuma mahasiswa.
Nah kalau ini padang arafah, di tempat ini tahun ini berkumpul 3 juta jamaah haji dari seluruh dunia untuk wuquf, hehehe...tapi tetap saja jamaah haji Indonesia yang terbanyak, 250 ribu jamaah, jumlah yang tidak sedikit.
Ini terowongan di Mina untuk menuju ke tempat pelemparan jumrah, di terowongan inilah pernah terjadi tragedi tewasnya jamaah haji yang banyak sekali, mungkin kita masih ingat peristiwa itu.


Komentar:
assalamu'alaikum...

mas.

tolong tetep bikin posting-an u/ blog ini ya...

mungkin topik2nya lebih diperdalam lagi.

syukron.
 
Saya kan bermaksud untuk umroh di tahun ini. Belum ada dana sih, tapi yg penting pengen dulu. Saya salin gambar2 di posting ini agar lebih memotivasi. Tolong doakan agar saya bisa berumroh bersama istri, ya ^_^
 
Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]





<< Beranda

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]